Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Senin, 11 Juni 2012

ALL ABOUT SFB2 -PART1-

Review materi????
Di semester 2 ini, saya mendapat berbagai ilmu baru. Salah satunya adalah materi lanjutan alias penerus dari SFB1, yaitu SFB2. Apa itu SFB2? SFB2 atau Sistem Fungsional Bisnis 2, masih berkutat mempelajari masalah bisnis dan uang, seperti SFB1. Namun, kalau seperti di postingan sebelumnya saya bilang SFB1 belajar mengenai bagaimana membangun sebuah bisnis, naah, SFB2 mempelajari sesuatu yang sangat penting setelah kita mempunyai bisnis. Yak!! Masalah penganggaran dan akuntansi. 

Awal pembelajaran, SFB2 ini membahas masalah penganggaran perusahaan. Referensi utama yang kami pakai adalah buku milik Nafarin dengan judul serupa, Penganggaran Perusahaan. Disini kita belajar mengenai berbagai macam dan kategori anggaran. Masih penasaran dengan apa itu anggaran? Oke, akan dibahas secara singkat.

Anggaran adalah suatu rencana keuangan periodik yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan. Di sisi lain, anggaran juga dapat dikatakan sebagai suatu rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif (umumnya menggunakan satuan uang). Anggaran juga bisa disebut sebagai alat menajemen untuk mencapai tujuan.

Adapun fungsi anggaran adalah untuk membantu manajemen (untuk : perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, dan pengawasan), serta sebagai pedoman kerja.

Macam anggaran dapat dibagi menurut dasar penyusunan, cara penyusunan, jangka waktu, dan bidangya, yang tiap macamnya masih memiliki beberapa break down pembahasan lagi.
Ribet?? Eiit, tunggu dulu. Setelah dipelajari ternyata tidak seribet itu kok, malah menurutku menarik karena satu hal berhubungan dengan yang lain .


Lalu di tengah pembelajaran, kami ganti topik pembelajaran. Yak, seperti yang saya bilang sebelumnya, kami juga mempelajari akuntansi di SFB2 ini. 

Jangan serem dulu liat namanya, ternyata seru kok kalau sudah dipelajari. Mengapa? Karena belajar akuntansi ibarat bermain puzzle, haha. Beneran deh, mungkin sulit, tapi kalau sudah tau dan paham, akan ketagihan untuk mencoba (entah karena penasaran, atau memang butuh untk mengelola uang). Oke, sebelum banyak berkomentar mengenai akuntansi, mari kita bahas sedikit tentang akuntansi.

Akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran, & pelaporan informasi ekonomi. Di sisi lain, akuntansi juga bisa diartikan sebagai informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna untuk pengambilan keputusan. Tujuan diadakannya akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi (economic information) dari suatu kesatuan ekonomi (economic entity) kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Siapa saja yang membutuhkan akuntansi?? Tentu saja semua orang yang harus mengelola uang, dari ibu rumah tangga, mahasiswa kos, sampai pengusaha.

Nah, itulah yang menarik dari akuntansi, dia dibutuhkan oleh hampir semua orang, khususnya orang-orang yang berkecimpung dengan uang. Akuntansi sangat membantu kia dalam mengelola keuangan.


Di materi akuntansi ada yang berkesan nih. Mengapa? Karena ternyata kami juga diperkenalkan dengan software akuntansi yang bernama Accurate (saya baru tahu ada software untuk akuntansi ternyata, ahaha :p). Disini kami diajari berbagai macam kemudahan yang ditawarkan Accurate dalam membuat sebuah laporan keuangan ataupun transaksi bisnis lainnya.

Lalu di akhir pembelajaran, kami diberi materi tentang analisis keuangan dalam suatu perusahaan. Di pembelajaran kali ini, kita diberi materi tentang bagaimana kita bisa menilai keuangan di suatu perusahaan, apakah keuangan dalam perusahaan itu sehat atau tidak.

Itulah sekilas tentang apa yang saya dapatkan pelajari di matkul SFB2 selama semester 2. :)

Oke, kita lanjut di ALL ABOUT SFB2 part 2 yaa :)

0 commentbeats:

Posting Komentar