Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Sabtu, 04 Juni 2011

BOCORAN INFORMASI PENDAFTARAN USM STAN 2011 (BELUM RESMI)

Salah satu pejabat di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara menyebutnya sedikit bocoran tentang pendaftaran USM STAN. Rumor ini relatif bisa dipertanggungjawabkan karena berasal dari usulan panitia USM STAN. Hingga kini belum menjadi pengumuman resmi hanya karena belum ditandatangani oleh Menteri Kuangan yang kemudian akan dijadikan semacam peraturan atau sejenisnya. Poin penteing yang akan sangat berguna bagi pembaca adalah:
  • Seyogiyanya setelah penandatanganan usulan tersebut, maka tanggal 25 Mei 2011 dijadikan tanggal perdana untuk melakukan pendaftaran secara e-registration.
  • Mekanisme pendaftaran seperti ini :
---
  1. Pendaftar mendaftar online/secara e-registration ke situs resmi STAN (www.stan.ac.id) pada tanggal yang ditentukan.
  2. Hasil pendaftaran akan dicetak/ printed out kemudian dikirim bersama persyaratan yang dibutuhkan, misalnya ijazah atau SKHUN dan dikirim VIA POS ke PO BOX yang disebutkan.
  3. Panitia USM STAN menerima dan memverifikasi persyaratan kemudian mengeluarkan pengumuman bagi peserta yang dinyatakan sudah melampaui tahapan ini.
  4. Peserta yang dinyatakan lolos verifikasi menyetor uang pendaftaran sebesar Rp.150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) ke nomor rekening yang ditunjuk oleh panitia USM STAN.
  5. Di dalam bukti setor akan tertulis tempat dan waktu pengambilan Bukti Peserta Ujian. Calon peserta harus memperhatikan kedua hal tersebut karena peserta yang walaupun sudah menyetor tetapi mengambil BPU dengan waktu atau tempat yang berbeda dinyatakan MENGUNDURKAN DIRI SEBAGAI PESERTA USM STAN. Perlakuan yang demikian dibuat untuk menghindari antrean yang panjang dan melelahkan.
  6. Setelah mendapat BPU, peserta juga mendapat kertas yang menunjukkan informasi tempat penyelenggaraan USM STAN dan waktunya.
---
  • Penyaringan kesehatan dan kebugaran dibuat setara dengan tes kebugaran Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan. Sejauh ini yang masih terpikir adalah tes aerobic sebagaimana yang sudah dilakukan di spesialisasi Bea Cukai (lari keliling lapangan dalam waktu 12 menit).
  • Selanjutnya, ada tes assessment, yaitu berupa psikotes dan kemungkinan ditambah dengan wawancara.
  • Semua tes dilakuakan dengan system gugur, pengumuman kelulusan per tes ada.
  • Karena metodenya dibuat sama dengan tes CPNS, lulusan untuk mahasiswa baru sudah memiliki kepastian untuk ditempatkan sebagai Pegawai Negeri Sipil.
  • Jumlah peserta yang diterima sampai dengan tes terakhir berjumlah 3. 400 orang termasuk DI.
  • Jumlah mahasiswa yang diterima di DI Bea Cukai ada 400 orang.
  • Program Diploma I yang diterima tahun ini bertambah, yaitu D I Kepabeanan dan Cukai dan D I Kebendaharaan Negara.
  • Untuk Program Diploma I Kebendaharaan Negara, lulusannya akan langsung ditempatkan di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, karena dibukanya jurusan dan program diploma ini atas permintaan Direktur Jenderal Pajak untuk mengamankan sector manajemen keuangan di instansi tersebut.


Informasi ini berasal dari Mahasiswa STAN tingkat akhir yang mendengar langsung dari pejabat yang bersangkutan. Informasi ini diambil dari sini dengan beberapa perbaikan.

Oia, supaya kamu lebih siap menghadapi USM STAN. Kamu bisa ikutan Try Out STANyang akan kami adakan. Silakan baca petunjuknya di sini. Semoga bermanfaat.

-oo-
sumber : www.tryoutstan.org

0 commentbeats:

Posting Komentar