Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Sabtu, 05 November 2011

Reportase di Idul Adha

Pertama-tama saya ucapkan

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1432 H.



    Semoga dengan qurban pada tahun ini,kita dapat menjadi lebih dekat kepada ALLAH SWT.
Aamiin..

     Yap, dari kemarin sudah tercium bau-bau kambing dan sapi di rumah ane. Berhubung rumah ane ada di sebelah masjid, jadilah samping rumah ane dibuat sarang si embek dan si sapi sebelum akhirnya masuk surga.

     Jadi terdengarlah dengan jelas raungan si embek ataupun si sapi. Kadang jadi ndak tega cuy,, lha kayak meronta-ronta minta tolong begicuu *sok tau deh ya :p*. Yang aneh itu, tiap kali ada suara takbir, si embek dan si sapi mengaung-ngaung. Tapi pas ndak ada suara takbir, ya stay cool aja tuh si embek dkk. Apa ikut takbir juga yak? Haha

     Sholat idul adha tahun ini alhamdulillah masih banyak yang berminat.Terbukti dengan terisinya mushola sampai shof paling belakang.

Kenapa saya tahu?
Karena saya ada di shof paling belakang.
Huehehe..

Walaupun di belakang, ane tetep fokus sama isi khutbah loo
Kagak percaya?

Ane bahas dikit deh. Begini nih inti khutbahnya...

  • Takwa sangatlah penting dalam hidup. Karena dengan takwa,kita bisa mendapat posisi istimewa di hadapan Allah SWT. Karena dengan takwa, kita menjadi semakin peduli dengan saudara-saudara di sekitar kita. Dan dengan takwa, kita menjadi semakin ringan untuk menolong kaum-kaum yang lemah. 
  • Saat hari raya, disunnahkan untuk takbir, mengagungkan dan memuji Allah SWT. Barangsiapa tidak mau menyebut Asma Allah, maka orang itu akan diikatkan dengan setan. Sehingga menjadi teman setan dan mempunyai kelakukan seperti setan. 
  • Ciri-ciri orang yang mempunyai iman dalam dirinya : bila Asma Allah dikumandangkan, hatinya akan bergetar. Apabila ditampakkan tanda-tanda kebesaran Allah, maka bertambahlah imannya.  Qurban merupakan pendekatan kepada Allah. Maka dari itu, mari ditata hati kita agar niat kita berkurban semata-mata hanya untuk Allah SWT, bukan karena prestise atau hal-hal yang lain.

Sip, itulah inti dari khutbah yang diberikan pada pagi hari ini.

       Konten khutbah yang bagus, namun sayang yang mendengarkan hanya beberapa orang.  Dari pengamatan langsung dari shof paling belakang, yang benar-benar fokus mendengarkan hanyalah shof bagian paling depan. Yang lainnya?? Ngegosip sendiri-sendiri..hiks T.T

Bahkan ada yang pulang duluan sebelum khutbah berakhir.. Beeuuhh.. XO

     Tapi,setidaknya masih ada niatan untuk mengerjakan sholat Idul Adha dan bertakbir bersama sebelum sholat dimulai.

     Satu hal yang sangat aku sukai saat bisa sholat berjamaah di mushola ataupun masjid. Bersalam-salaman ketika semua rangkaian acara sholat berakhir. *maka dari itu, hal yang sangat aku sayangkan adalah saat orang-orang pulang duluan sebelum doa setelah sholat belum selesai diucapkan,sehingga tak bisa berjabat tangan dengan mereka T.T*

     Entah mengapa, berjabat tangan dengan orang-orang yang ikut sholat berjamaah membuat hati menjadi lega. Padahal ya nggak semua orang yang aku ajak berjabat tangan adalah orang yang aku kenal. Hahaha XD

      Sehingga ane harap, kebudayaan berjabat tangan, bersalam-salaman seperti itu tetap ada sampai akhir masa :D .

Aamiin..



ps: ane = saya = aku

2 commentbeats:

Zainul Alim mengatakan...

Anti bnr...kebudayaan berjabat tngn baik jngn sampai hlng, krn jg bisa sbg penguat ukhuwah di antara umat...

zwharei mengatakan...

benar mas...
soalnya itu best part yang paling jadi paporit ane :D

Posting Komentar