Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Kamis, 03 November 2011

Keterampilan Interpersonal, matkul paling yahud ^.^b


Tidak terasa sudah kurang lebih 2 bulan aku menjadi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
Berhubung jurusan yang aku ambil adalah Jurusan Sistem Informasi, maka pasti ilmu-ilmu eksak yang telah diajarkan selama SMA hanya sedikit yang dapat digunakan kembali, bahkan mungkin cuma satu, matematika.
Ya, pelajaran-pelajaran yang diajarkan di jurusan ini  memang sama sekali berbeda dengan SMA. Semuanya adalah pelajaran baru yang benar-benar baru bagiku.

Namun ada satu mata kuliah yang unik dan menurutku unik, menarik, penting, dan mungkin tidak ada selain di Jurusan Sistem Informasi (JSI) ITS.
apakah itu?
tak lain dan tak bukan adalaahh..
KETERAMPILAN INTERPERSONAL

Apa itu??
Keterampilan Interpersonal (KI) adalah mata kuliah yang mengajarkan bagaimana kita bisa mengorganisir diri kita menjadi pribadi yang lebih baik. Dari bagaimana kita bisa belajar dengan efektif dan efisien sampai bagaimana kita bisa berani tampil di depan publik.

Kalau biasanya pelajaran hanyalah berbicara masalah hard skill, nah KI inilah pelatih soft skill-nya.
Penyampaian KI dibedakan menjadi dua, indoor dan outdoor.
KI indoor berisi materi-materi. Sedangkan KI outdoor berisi praktek.
Dua-duanya sangat bermanfaat bagi aku. Karena dua-duanya dapat membentuk kepribadian aku menjadi lebih baik.

KI indoor berisi materi seputar soft skill yang harus lebih dilatih oleh seorang mahasiswa baru.
Seperti bagaimana cara menulis dan menjadi penulis yang baik, bagaimana bisa belajar dengan baik, bagaimana cara membaca yang efektif, dan lain-lain.

Sedangkan KI outdoor berisi praktek-praktek tentang belajar bagaimana menjadi mahasiswa ideal. Antara lain adalah belajar bagaimana menyelesaikan masalah dengan tepat dalam waktu terbatas, bagaimana bisa percaya diri untuk tampil di depan publik, bagaimana menjadi pemimpin dan anggota tim yang baik, dan lain-lain.
Setelah praktek,tidak berhenti begitu saja. Masih ada tugas untuk membuat pembelajaran dari semua game yang telah diberikan. 

Ini nih contohnya...
lembar pembelajaran KI

Yap,karena KI outdoor dilakukan tiap minggu, jadilah aku dan teman-teman 2011 lainnya harus membuat pembelajaran KI tiap minggu. Rata-rata tiap pertemuan ada 3 game, jadi ya pembelajaran yang dibuat harus 3 lembar pula.

Tapi, ada hikmahnya juga sih. Aku jadi belajar untuk bisa mengerjakan sesuatu yang harus ada tiap minggunya, karena biasanya kan tugas lainnya hanya berlaku untuk satu kali penugasan. 
Praktek-praktek yang dilakukan saat KI juga lebih teringat karena harus membuat pembelajaran. Kata Kepala Jurusan SI,Bapak Holil, kuliah itu harus ada hasilnya. Ada bukti bahwa kita telah mengikuti sesuatu, sehingga tidak terlupa begitu saja. Ya, itu sih fungsi utama dari pembuatan pembelajaran yang harus dibuat tiap minggu. 

Oh ya, baru-baru ini aku telah menyelesaikan final project timku untuk UTS KI outdoor, yaitu membuat sebuah drama bertemakan cerita tradisional (unsur-unsur tradisional haruslah ditonjolkan). Percakapan dalam drama harus sudah di-dubbing dan harus sudah siap tampil hanya dalam waktu satu minggu. 

Kendala?

Tentu ada :)
Pertama, tugas kuliah sedang banyak-banyaknya. Sehingga harus pulang malam agar bisa menyicil persiapan drama.

Kedua, dalam waktu satu minggu, ada 2 hari dimana aku dan anggota timku tidak bisa latihan karena ada hari pembelajaran dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) JSI,yaitu Sabtu dan Minggu.

Sedangkan pada hari Selasa, aku dan anggota timku harus sudah siap tampil.
Jadilah aku dan anggota tim lembur hingga malam beberapa hari berturut-turut.

Namun alhamdulillah, walaupun bisa dibilang aku dan anggota timku kurang persiapan, apresiasi yang kami dapat dari juri dan juga penonton bisa dibilang bagus :D *tidak sia-sia pengorbanan kami T.T*.

Banyak yang bisa aku pelajari dari tugas drama ini, antara lain
Satu, seorang mahasiswa harus bisa mengatur waktu dengan baik, karena waktu yang dipunyai seorang mahasiswa tidaklah banyak. Tugas seabrek namun waktu mepet. Seorang mahasiswa harus bisa membuat skala prioritas yang bijak dalam hidupnya. Harus bisa memilah mana yang harus dikerjakan dahulu dan mana yang masih bisa di-pending.

Dua, harus pintar-pintar jaga kondisi badan. Sering lembur mengerjakan tugas butuh daya tahan tubuh yang fit.

Tiga, seorang mahasisawa harus bisa bekerja di bawah tekanan. Mahasiswa harus tetap bisa mengerjakan semua tugas sebaik-baiknya sesuai dengan permintaan si tugas. Semisal untuk tugas drama ini, aku dan teman-teman setim dituntut harus tetap kreatif dalam membuat drama. Tentu dalam waktu yang ada sangat mepet ( karena hanya bisa dikerjakan di malam hari, ketika semua tugas atau mata kuliah lain telah berakhir).

Banyak pembelajaran dari KI yang berguna sekali untuk menjalani hidupku sebagai mahasiswa. Beruntung sekali aku masuk JSI dan bertemu KI yang rasa-rasanya belum aku ketahui ada di perguruan tinggi yang lain.^_^

2 commentbeats:

Unknown mengatakan...

skor Jutatar masih memimpin!!!

zwharei mengatakan...

alhamdulillah :D
tak sia-sia perjuangan kita, dan pengorbanan mas takim beli ini itu di dtc sampek ratusan ribu..haha XD

Posting Komentar