Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Sabtu, 17 Desember 2011

PERJUANGAN GIGIH SI LELAKI TUA


LELAKI TUA DAN LAUT (THE OLD MAN AND THE SEA)

Pengarang            : ERNEST HEMINGWAY

Kategori                : Fiksi

Jumlah halaman  : 145 halaman











     Novel ini bercerita tentang seorang nelayan tua Kuba, yang berusaha menangkap ikan marlin yang panjangnya melebihi perahu miliknya seorang diri. Perjuangan luar biasa ini harus ia tempuh dalam waktu tiga hari dan hampir tidak tidur sama sekali demi menjaga sang ikan agar tidak lepas. Nelayan tua, atau yang biasa disebut lelaki tua dalam novel ini, sebelum menemukan ikan marlin raksasa yang telah menyeret perahunya selama tiga hari, ia telah gagal menangkap seekor ikan pun selama 84 hari berturut-turut.

      Dan selama itu, ada seorang anak lelaki yang selalu menjaganya dan ikut pergi mencari ikan dengan si lelaki tua. Namun,karena orang tua si anak lelaki tidak memperbolehkannya ikut lelaki tua, lantaran tak kunjung dapat ikan, si anak lelaki terpaksa tidak bisa ikut pergi mencari ikan bersamanya dan ikut perahu lain yang lebih beruntung.

      Lelaki tua tak begitu saja putus harapan. Ia tetap pergi mencari ikan dengan optimis, terus percaya bahwa ia akan mendapat ikan hari ini. Keyakinan dan keteguhan hatinya memberi pelajaran moral yang amat luar biasa.

     Ada satu kalimat si lelaki tua yang aku suka,


Namun, aku telah menjaganya dengan ketelitian. Hanya saja, aku tidak memiliki keberuntungan lagi. Tapi siapa yang tahu? Mungkin hari ini. Setiap hari adalah hari yang baru. Itu lebih baik dari keberuntungan. Tapi aku harus lebih saksama. Kemudian saat keberuntungan itu datang, aku telah siap.



*Waah, mak jleb!! XD
Ngena banget deh...*


      Optimisme, kegigihan, ketabahan, kesabaran si lelaki tua dalam menjalani cobaan hidup adalah sebuah pelajaran yang bermakna.

      Ia tak pernah mengeluh berlebihan, walaupun tubuhnya penuh luka dan darah saat bertarung dengan ikan marlin ataupun hiu-hiu yang mengganggu perjalanan pulangnya. Ia tetap ingat dan yakin bahwa Tuhan pasti akan menolongnya. Ia tak lupa berdoa kepada Tuhan walaupun peluang yang ada sangatlah kecil.

     Tak jarang aku ternganga dengan apa yang menimpa si lelaki tua dan apa yang ia lakukan.

     Perilakunya sangat berbeda dengan kebanyakan orang sekarang. Diberi beban hidup sedikit, sudah mengeluh luar biasa.

     Si lelaki tua mengajarkan lewat perjuangannya, bahwa kita pasti bisa mencapai apa yang kita inginkan, selama kekuatan keyakinan dan usaha yang tak pernah kenal lelah ada dalam diri kita.

********

     Bener-bener deh nih novel, mahasiswa banget dah. Dituntut harus dapat bekerja dalam tekanan. Tetap berpikir jernih di saat-saat terburuk. Seperti yang ditekankan oleh lelaki tua dalam novel ini. Dia selalu menegaskan kepada dirinya sendiri untuk tetap berpikir jernih agar dapat mengatasi semua masalah yang muncul tiba-tiba. That’s the prime point in this novel!!

    Bagi para mahasiswa, baca deh nih novel. Jangan mengeluh karena banyaknya tugasmu, sebelum kamu membaca novel ini .



Ps: mungkin ini novel lama, tapi pesan moralnya tak ikut-ikutan menjadi suatu yang ketinggalan zaman.

7 commentbeats:

NisaSmapat mengatakan...

“Namun, aku telah menjaganya dengan ketelitian. Hanya saja, aku tidak memiliki keberuntungan lagi. Tapi siapa yang tahu? Mungkin hari ini. Setiap hari adalah hari yang baru. Itu lebih baik dari keberuntungan. Tapi aku harus lebih saksama. Kemudian saat keberuntungan itu datang, aku telah siap.”

like this buanget mbak

zwharei mengatakan...

iya nis, quotenya sangar ya
perhatikan kata2 ini,

"Tapi aku harus lebih saksama. Kemudian saat keberuntungan itu datang, aku telah siap."

jadi, waspadalah waspadalah!
coba motivasi diri saat lengah menghadapi dunia :)

zwharei mengatakan...

apa sih bleeeh
uda sikat gigi belum tuh mau unjuk2 giginya
haha

Zainul Alim mengatakan...

Tau nih Ableh...

Novianti Mega Prastanti mengatakan...

keren. .

zwharei mengatakan...

ya gitu itu si ableh mas..hha

zwharei mengatakan...

pak tuanya? emang keren banget dia meg

Posting Komentar