Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Rabu, 21 Desember 2011

Jurusan Serba Ada


Sistem Informasi ITS adalah jurusan paling unik menurutku. Mengapa? Karena Sistem Informasi ITS adalah satu-satunya jurusan yang memberi berbagai macam ilmu yang mungkin belum tentu ada di jurusan lain.
Jujur, saat pertama kali aku memilih Sistem Informasi ITS sebagai pilihan saat SNMPTN, yang terlintas adalah aku akan belajar pemrograman dan pemrograman, hanya berkutat dengan komputer dan kawan-kawannya.
Namun ternyata kenyataannya jauh dari bayangan awalku. Sistem Informasi ITS tak hanya mengajarkan bagaimana caranya memrogram atau mengoding sesuatu, namun juga mengajarkan bagaimana menjadi seorang entrepreneur dan pribadi yang unggul.
Entrepreneur? Ya, di semester satu ini aku mendapatkan mata kuliah Sistem Fungsional Bisnis 1 dimana aku dan teman-teman dituntut untuk bisa membuat suatu perusahaan dan menghasilkan suatu produk. Dari mulai membuat nama perusahaan, nama produk, sampai harus membuat produk inovasi yang original dan menarik. Tidak lupa pula kami harus menghitung harga beserta perincian untung ruginya.
Menjadi pribadi yang unggul? Ya, salah satunya adalah dengan adanya mata kuliah Ketrampilan Interpersonal ini. Soft skill kami dilatih habis-habisan disini. Dari bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik, menjadi individu yang percaya diri dan berani tampil di depan umum, menjadi individu yang peduli dengan sesama, menjadi individu yang bisa memposisikan diri dengan baik, sampai menjadi individu yang mempunyai karakter yang baik. Tapi yang paling berbeda dari program Ketrampilan Interpersonal adalah adanya senam tiap jumat pagi. Nah ka, tak hanya mengasah soft skill, kesehatan mahasiswa juga terlatih di Sistem Informasi.



Selain itu, ada apa lagi?
Di semester satu ini aku juga mendapatkan mata kuliah MatDis dan AlPro. Apa itu?
MatDis adalah kependekan dari Matematika Diskrit. Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa yang dipelajari disini adalah hitung-berhitung. Namun jangan salah, hitung-menghitung di MatDis hanya menjadi nomer sekian. Yang terpenting dalam MatDis adalah bagaimana cara berpikir atau logika kita dalam menyelesaikan suatu masalah. Bukan lagi seperti masa SMA dimana rumus adalah segalanya (jawaban ketemu ya selesai), namun disini lebih ditekankan pada untuk bisa mendapatkan jawaban tersebut,kita menggunakan logika seperti apa. Yak, intinya kami dibiasakan memakai logika untuk memecahkan suatu masalah.
Sedangkan AlPro adalah kependekan dari Algoritma dan Pemograman. Biasalah, mata kuliah yang satu ini berkutat dengan mengoding dan mengoding. Karena aku tidak punya basic mengoding atau menggunakan java sama sekali, jadi ya pelajaran inilah yang menurutku benar-benar baru.

Ada juga kuliah bersama dengan jurusan lain, yaitu mata kuliah Agama dan PTIK. Apa itu PTIK? PTIK adalah singkatan dari Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jadi disini kami diberitahu tentang dasar-dasar teknologi seperti apa itu database, kriptografi, sampai teknologi yang tren saat ini. Mata kuliah satu ini sangat membantu agar kami tak “cupu”alias ketinggalan zaman dalam masalah teknologi.
Nah, lengkap kan. Bisnis ada, pengenalan teknologi biar tak cupu ada, mengasah logika yang tumpul karena jarang digunakan juga ada. Dan yang paling penting, tak hanya hard skill, namun soft skill juga terasah. Sistem Informasi ITS memang jurusan super lengkap. Semoga Sistem informasi ITS bisa terus meningkatkan kualitas pendidikannya, sehingga akan terus mencetak generasi-generasi pembawa perubahan yang bisa membawa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik dan lebih baik lagi.  :)

9 commentbeats:

niuniuniu mengatakan...

wah.... bener nih....

sesuatu bgt... emang SI itu...

gag nyesel masuk sini

noviantimega mengatakan...

iza donk. .
jurusanku gitu loh. .
hehee

zwharei mengatakan...

alhamdulillah yahh yun :D

zwharei mengatakan...

iya gitu loh
mega gitu loh #apasih

smoga bisa jadi tmbh yahud ya meg jurusan kita tercinta ini :)

Miya Octovianti mengatakan...

beneran ngga nyesel ya dek? :D hehe

zwharei mengatakan...

ugyahaha..mbak miya mencium modus2 pembunuhan ya disini #lho Xp
yaaah, konsekuensi sama pilihan sih mbak
ndak boleh ada kata nyesel sebenernya :)

Brantas Pranata Nusa mengatakan...

Long Live SI!!!

Miya Octovianti mengatakan...

hah modus pembunuhan apa :p
hehe bener kok :) kalo sari ngga kuliah di SI masa bisa kenal sama aku :D hehe
do the best aja buat yang harus dilakukan :D

oia ada sesuatu nih ^-^

http://bintang-kecil-ku.blogspot.com/2011/12/discrete-final-examination.html

*bukan menakut2i tapi mengingatkan :D karena itu faktanya :)

zwharei mengatakan...

maaf mbak, baru buka blog lagi..hhe
hahaha, betulbetulbetul
ndak bisa ketemu mbakku yang satu ini dong..haha

waaahh, iya mbak, trimakasih sudah diingatkan
dan alhamdulillah uas kmrn lbh lancar daripada uts :)
walaupun masih ada beberapa yang salah konyol..hiks..kurang teliti mbak
T.T

Posting Komentar