Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Selasa, 06 Desember 2011

Motivasi di PKTI


Pada hari sabtu, tanggal 11 November lalu, di kampsku diadakan PKTI. Apa itu PKTI?
 PKTI adalah singkatan dari Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Pada acara ini aku mendapat banyak pengetahuan tentang apa, bagaimana, dan manfaat apa yang bisa aku dapatkan dari membuat sebuah karya tulis ilmiah.
Namun yang paling berkesan dari acara ini adalah penyampaian materi dari seseorang yang luar biasa, Achmad Ferdiansyah. 

Dengan tema presentasi, MENGGAGAS MIMPI MENJADI NYATA, beliau berhasil membuat saya berdecak kagum dan termotivasi akan hasil-hasil karya dan prestasi beliau yang dipaparkan di tengah-tengah presentasi.

Ada beberapa poin materi yang menarik bagi mahasiswa seperti saya, yaitu..
Satu, Bagaimana cara belajar mahasiswa yang efektif?
Pertama,kalau masuk ke kelas/ berada di suatu mata kuliah, duduklah paling depan. Mengerti tidak mengerti, tulis saja apa yang diucapkan oleh dosen.
Kedua,jangan pernah tidur di kelas, dan jangan menyengaja tidur di kelas. Jangan memosisikan diri PW (Posisi Wenak) untuk tidur.
Ketiga,emotion created by motion. Kalau kita memosisikan badan kita membungkuk, pasti bawaannya jadi malas. Sebaliknya, kalau kita memaksa badan kita untuk tetap tegak dan siap menerima materi, pasti kita bisa menerima materi dengan baik
Keempat,jangan belajar sok ngerti. Kalau tidak mengerti bilang saja tidak mengerti. Segera tanya begitu ada materi yang belum jelas.

Berikutnya, Buatlah list apa yang harus dikerjakan. Hal ini akan sangat membantu untuk mengefektifkan waktu dan membantu memastikan tugas dapat dikerjakan semua dengan baik.

Ini nih yang menarik, ceritakanlah mimpimu kepada orang lain. Saat kita melakukan hal yang melenceng dari mimpi kita, ataupun kita kehilangan motivasi untuk mengejar mimpi kita tersebut, orang-orang di sekitar kita yang mengetahui mimpi kita pasti akan menegur dan mengingatkan kita. Hal ini akan sangat efektif untuk mendorong diri kita untuk senantiasa berjuang meraih apa yang kita inginkan. Jadi,salah satu cara paling efektif untuk meraih mimpi adalah, membuat list lalu membagi-bagikannya kepada orang lain. :D

Lalu, apa yang dapat dibanggakan oleh seorang mahasiswa?
menurut kang Ferdy adalah keahlian menulis karya tulis. Mengapa? Karena dengan menulis sebuah karya tulis kita telah dituntut untuk dapat melakukan 4 hal sekaligus. Apa itu? Satu, kemampuan menemukan masalah yang tidak dapat dilihat orang lain. Dua, kemampuan menemukan solusi. Tiga, kemampuan menuliskan ide yang dimiliki (dalam sebuah karya tulis). Dan yang keempat, kemampuan mempresentasikan idenya atau karya tulisnya. Dengan bekal 4 kemampuan tersebut, kita tidak akan merasa sulit dalam kehidupan sehari-hari, khususnya nanti pada saat bekerja. Mengapa? Kita sudah terbiasa kritis dalam melihat suatu masalah dan bisa memberi solusinya. Kemudian kemampuan menulis kita telah terlatih karena terbiasa membuat sebuah karya tulis. Lalu mental kita juga telah terasah, sehingga tidak ’kagok’ lagi bila diminta untuk presentasi di depan banyak orang.

Seperti kata kang Ferdy, DENGAN PUNYA BANYAK SOFTKILL, MEMBUAT HIDUP INI LEBIH INDAH. ;D

Sip, itulah beberapa hal yang bisa saya dapatkan dari kang Ferdy. Arigatou kang, anda telah berhasil memotivasi diri saya agar dapat menjadi manusia super seperti anda, atau malah bisa lebih hebat? Who knows J *aamiin*


2 commentbeats:

HIers mengatakan...

yap
who knows kan?
jadi tetep semangat untuk bisa menghasilkan yang terbaik :)

zwharei mengatakan...

siap ndan :)

Posting Komentar