Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Minggu, 18 Desember 2011

Gnomeo n' Juliet

Sutradara : Kelly Asbury
Penulis    : Rob Sprackling, John R. Smith
Genre      : Animation | Adventure | Comedy
Tahun      : 2011
Pemain    : James McAvoy, Emily Blunt and Maggie
                   Smith

Yap, dari judulnya saja mungkin anda-anda semua akan teringat satu kisah drama tragedi, Romeo n’ Juliet. Dari cerita sih mirip-mirip, tapi Gnomeo n’ Juliet ini punya ending yang sedikit berbeda.
Jadi, dalam film ini diceritakan ada gnome (patung kurcaci yang dipercaya dapat menjaga tanaman, biasanya ada di taman) yang saling bertetangga, gnome merah dan gnome biru. Sama seperti yang mempunyai kebun beserta para gnomenya, gnome merah dan biru ini saling bermusuhan. (Sebentar, patung kok musuhan? Begitulah :). Saat ada manusia yang lewat, mereka akan menjadi patung, namun saat tak ada manusia yang menghampiri mereka seolah-olah hidup dan punya kehidupan.)

Gnomeo biru dipimpin oleh seorang “ratu” (pemimpinnya perempuan sih) yang bernama Lady Bluebury. Ia memiliki seorang putra bernama Gnomeo. Gnomeo ini punya teman jamur kancing  yang mungkin kalau di dunia kita sama seperti anjing, yang bernama Shroom. Gnome Biru mempunyai hal yang paling berharga di taman, yaitu tanaman yang tumbuh dari atas kloset yang berada di taman (kenapa kloset? Entahlah, aku juga bingung. Yang jelas, itu adalah kloset untuk hiasan, bukan difungsikan sebagaimana fungsi kloset sesungguhnya :P)

Gnome merah dipimpin oleh seorang “raja” yang bernama Lord Redbrick. Ia mempunyai seorang putri yang bernama Juliet. Yah, jangan tertipu oleh namanya sih. Walaupun namanya Juliet, namun ia tak sefeminim namanya. Yak, Juliet ini tomboy. Juliet ahli sekali dalam hal panjat memanjat. Juliet memiliki teman kodok yang bernama Nannete. Gnome merah memiliki hal yang paling berharga di taman, yaitu sumur (entah kenapa juga harus sumur).

Seperti halnya Romeo n’ Juliet, Gnomeo dan Juliet ini bertemu secara tidak sengaja ketika Juliet ingin mengambil sebuah bunga di kebun sebelah. Namun keduanya dalam penyamaran, sehingga mereka tak tahu bahwa mereka berasal dari gnome yang bermusuhan. Tak bisa dipungkiri, mereka jatuh cinta pada pandangan pertama. 

Namun karena tak berhati-hati saat berebut bunga, keduanya jatuh ke dalam kolam dan akhirnya mereka saling  mengetahui identitas sebenarnya. Mereka sangat terkejut. Juliet yang tahu Gnomeo dari gnome biru langsung melarikan diri. Gnomeo pun mengejar Juliet sampai ke kebun gnome merah. Karena memang tak kondusif bila bertemu di kebun gnome merah maupun biru, akhirnya mereka membuat janji untuk bertemu di kebun pertama kali mereka bertemu.

Singkat cerita, mereka akhirnya bertemu di kebun tersebut dan menemukan sebuah mesin pemotong rumput. Kalau di dunia kita balapan pakai mobil kan? Nah, di dunia para gnome ini balapannya pakai mesin pemotong rumput. Dan apa anda-anda semua tahu? Si Juliet ini bisa mengendarainya dengan baik waktu pertama kali mencoba, bahkan sampai membentuk sebuah tulisan.

Yap, G untuk Gnomeo dan J untuk Juliet.:)

Karena mengetahui bahwa pasti hubungan cinta mereka dilarang dan ditentang, maka mereka pun berjanji untuk merahasiakan pertemuan mereka.
Namun pada suatu hari, ada gnome dari gnome merah ingin menghancurkan hal yang paling berharga bagi gnome biru, yaitu tanaman dalam kloset. Ternyata rencana gnome tersebut berhasil. Mengetahui hal itu, gnome biru sangat marah, terutama sang Lady Bluebury. Tanaman itu ditanam dengan suaminya sejak dari benih dan dirawat hingga bisa tumbuh besar. Akhirnya, gnomeo pun diutus untuk balas dendam terhadap setiap gnome merah. Setiap gnome merah? Ya, itu artinya ia juga harus membalas dendam kepada Juliet.
Nah, bagaimana reaksi Gnomeo? Lalu bagaimana dengan kisah cinta mereka?
Monggo disaksikan lebih lanjut film Gnomeo n’ Juliet ini :).

*****

Film yang cukup menarik. Walaupun ini adalah film animasi, namun alur yang dibawa bukan untuk dinikmati anak-anak (yah, mengingat ini adalah kisah cinta).
Lalu, apa pembelajaran yang bisa diambil dari film ini?

Ada satu pelajaran yang dapat aku tangkap dari film ini, perbedaan bukanlah pembatas bagi kita untuk bisa saling hidup dan berbagi bersama. Justru perbedaanlah yang akan melengkapi hidup kita.
 
Pasti sangat membosankan bukan jika semua yang ada di dunia ini sama semua alias monoton? :)

4 commentbeats:

AkuLaras mengatakan...

gnomeooo.. i love youuu.. co cwit begete si gnomeo itu sar XD

zwharei mengatakan...

hahaha..wes, bungkus aja Ras, bawa pulang gih :p

Unknown mengatakan...

Konyol ne film hahahaha

zwharei mengatakan...

waaahh..udah liat ya mbak loren XD
so swit tapi lucu :)

Posting Komentar